MANFAAT DAUN KATUK

Daun katuk adalah sayuran yang banyak tumbuh di Asia Tenggara. Daun ini masih sama dengan sejenis tumbuhan Menteng, buni, dan cermai. Daun katuk sudah tidak asing lagi bagi penduduk indonesia. Daun katuk juga merupakan sayuran yang baik manfaatnya bagi tubuh kita. Daun katuk pun di percaya baik untuk wanita hamil, dan juga membantu melancarkan ASI.

MANFAAT DAUN KATUK

KANDUNGAN NUTIRI PADA KATUK DAN MANFAATNYA
  1. Daun katuk dapat mencegah Osteoporosis, kalsium yang terdapat pada daun daun katuk dapat mencegah wanita terkena osteoporosis.
  2. Mengandung zat efedrin yang sangat baik seseorang yang terkena influenza. Selain itu kandungan zat besi yang terdapat pada daun katuk yang sangat tinggi, sehingga dapat mencegah penyakit animea.
  3. Terdapat senyawa aktif yang dapat merangsang produksi hormon-hormon.
  4. Sebagai sumber vitamin A yang dapat mencegah penyakit mata, pertumbuhan sel, dan dapat menjaga sistem kekebalan tubuh.
  5. Daun katuk banyak mengandung protein dan serat, dan juga mengandung vitamin K yang tinggi.
  6. Kandungan kalori, protein, dan karbohidarat pada daun katuk hampir sama dengan kandungan protein yang terdapat pada daun pepaya dan daun pisang. Sedangkan kandungan proteinnya lebih tinggi dibandingkan keduanya.
  7. Masalah kalsium yang sangat tinggi menyebabkan naiknya tekanan darah tinggi. Sehingga perlu mengonsumsi daun katuk karena daun katuk kalsiumnya cukup baik.
  8. Daun katuk sebagai sumber klorofil, dengan mengonsumsi banyak daun katuk maka kesehatan jaringan tubuh kita akan terjaga. Klorofil dapat mengatasi masalah mikroorganisme, seperti parasit, bakteri, virus dan jamur.
  9. Daun katuk mengandung senyawa utama yang sangat di butuhkan oleh tubuh kita dalam pembuatan kolagen dalam tubuh, dapat mengangkat lemak, mengangkut elektron, menyehatkan gusi, mengatur kolestrol, dan pemacu imusi dan ketahanan tubuh.
Daun katuk memang banyak mengandung manfaat tapi kita perlu tahu efek dari banyak mengonsumsi daun katuk

  1. Sulit tidur.
  2. Sesak nafas.
  3. Kelainan pada paru-paru.
  4. Nafsu makan berkurang.
Kita harus hati-hati dalam mengonsumsi daun katuk karena, ketika kita terlalu banyak mengonsumsi daun katuk efeknya sangat buruk sekali, untuk mengonsumsi daun katuk kita terlebih dahulu merebus daun katuk tersebut dan meminum air rebusan tersebut sesuai dosis.