5 Cara Mengatasi Mata Kering yang Bisa Anda Lakukan

cara mengatasi mata kering

Mata kering bisa disebabkan oleh beberapa hal. Contohnya seperti lingkungan dan aktivitas, proses penuaan, serta perubahan hormon. Masalah satu ini memang terbilang ringan dan bisa sembuh dengan sendirinya. Anda perlu mengetahui cara mengatasi mata kering agar masalah mata tersebut tidak mengganggu Anda. Artikel ini membahas mengenai cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan!

Cara Mengatasi Mata Kering yang Bisa Anda Lakukan

Langsung saja, berikut ini adalah hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi mata kering:

1. Obat Tetes Mata

Cara pertama yaitu menggunakan obat tetes mata. Pada dasarnya, mata kering terjadi karena produksi air mata yang sedikit. Manfaat obat tetes mata yaitu menjadi air mata buatan sehingga mata tidak kering lagi. Cari obat tetes mata khusus untuk mata kering.

2. Kompres Hangat

Selain menggunakan obat tetes mata, Anda juga bisa mencoba kompres hangat. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan eye mask untuk mengompres mata. Kompres mata selama kurang lebih 5 menit. Kompres bisa membantu mengatasi mata kering dan mengurangi mata lelah.

3. Konsumsi Vitamin A

Sebagian besar orang sudah tahu bahwa vitamin A terkenal baik untuk mata. Tidak heran jika mengkonsumsi vitamin A menjadi salah satu cara untuk mengatasi mata kering. Beberapa makanan yang mengandung vitamin A yaitu wortel, telur rebus, tenggiri, minyak ikan kod, hati sapi, dan lain sebagainya. 

4. Konsumsi Omega-3

Bukan hanya mengkonsumsi vitamin A saja, Anda juga perlu mengkonsumsi omega-3. Omega-3 sendiri adalah nutrisi yang membantu menyehatkan jantung dan meringankan gejala peradangan. Bukan hanya itu saja, omega-3 juga baik untuk mata yaitu mengatasi mata kering.

5. Istirahatkan Mata

Cara terakhir adalah cara yang paling ampuh yaitu mengistirahatkan mata. Sebagian besar mata kering disebabkan karena aktivitas dan lingkungan. Aktivitas yang menyebabkan mata kering yaitu berlama-lama di depan layar. Jadi, cobalah mengistirahatkan mata agar kembali nyaman. 

Itulah pembahasan mengenai cara mengatasi mata kering yang bisa Anda lakukan. Salah satu obat tetes mata yang bisa digunakan adalah Insto. Lakukan perawatan di atas dengan baik untuk memberikan hasil yang maksimal. Semoga bermanfaat!

Posting Komentar

0 Komentar