Water Cube, Gedung Olahraga Sekaligus Tempat Wisata di China

Olahraga air memang tidak bisa terlepas dari kolam renang, namun kolam renang yang satu ini sangat unik dan bahkan bukan saja atlit renang yang menuju kolam ini melainkan para wisatawan ataupun orang-orang lokal yang ingin melihat gedung kolam ini. Berlokasi di Beijing Cina, bangunan berkerangka baja ini bagaimana untuk tidak menarik perhatian? Dari pandangan saja bentuknya sudah sangat begitu indah. Bangunan kerangka baja ini luasnya sekitar 7.000m2 dan tingginya mencapai 31m. Bangunan ini terkenal dengan sebutan nama Water Cube, yang asal muasalnya dari bentuk yang menyerupai kubus transparan berwarna biru air yang terang. Bangunan ini merupakan salah satu tempat untuk olahraga air yang didirikan untuk sebuah ajang akbar yaitu Olimpiade di Beijing pada tahun 2008, dipakai untuk olahraga air seperti renang,polo air, dan banyak lagi. Karena Olimpiade sudah berakhir jadi tempat ini direnovasi sehingga bentuknya sangat unik.
Water Cube
Water Cube
Water Cube pada tanggal 24 Desember 2003 lalu telah mulai direnovasi dan selesai tanggal 28 Januari 2008. Juga pada Agustus 2010 lalu Bangunan ini telah resmi untuk digunakan sebagai taman air pada. Dapat menampung sekitar 17.000 penonton dan banyak wisatawan yang berkunjung dikarenakan daya tariknya yang begitu terpancar dari ratusan meter, selain unik juga tinggi dan besar layaknya sebuah gelembung raksasa berbentuk kubus yang warnanya putih pada siang hari dan biru terang pada malam hari. Dengan struktur bangunan super hebat dengan karya arsitektur memukau juga kerangka baja yang kuat, ditambah dengan memakai kaca ETFE seluas 100.000 m2. Bangunan ini merupakan salah satu rangka terluas di dunia. Kaca ETFE ini dapat menghemat energi sampai 30 % untuk mengurangi pemanasan global.
Banyak sekali yang menjadi sebuah ikon di kota Beijing ini, yang merupakan sebuah karya arsitektur yang selalu dilirik oleh dunia. Begitu banyak wisata di Cina ini yang mendunia sampai kalau kita kesana tidak dapat dijelajahi dengan waktu yang singkat. Fasilitas yang mendukung untuk para atlit ini memang sangat baik karena faktor keberhasilan juga harus didukung oleh sebuah fasilitas.




Posting Komentar

0 Komentar