Tempat Wisata di Surabaya, Tugu Pahlawan

Inilah monumen utk mengingat keberanian arek-arek Suroboyo melawan tentara Sekutu. Monumen setinggi 41.15 m yg berbentuk lingga atau paku terbalik ini memiliki tubuh tiang berbentuk lengkungan (Canalures) sejumlah 10 lengkungan & terbagi atas 11 ruas.

Tinggi, ruas, & canalures mengandung makna tanggal 10 bln 11 th 1945. Inilah tanggal terjadinya sejarah heroik di musim perjuangan kemerdekaan Indonesia. Di area wisata di Surabaya yg satu ini, Kamu bakal menjumpai Museum 10 Nopember, satu buah ruangan yg bisa mengungkap tidak sedikit narasi menyangkut makna Tugu Pahlawan pula bukti-bukti histori terhadap 10 Nopember 1945 yg lampau.
2. Patung Buddha Empat Wajah

Inilah patung paling atas di Indonesia yg sudah dicatat MURI. Kamu bisa menjumpai Patung Buddha Empat Wajah ini di salah satu sisi Pantai Ria Kenjeran, satu buah pantai di kota Surabaya yg populer bakal product perikanan pula ruangan nongkrongnya muda-mudi Surabaya.

Bangunan Patung Buddha Empat Wajah dikelilingi oleh 4 pilar, merupakan pilar hijau atau emas. Terdiri dari 3 bidang, merupakan stupa, patung Buddha, & singgasana Buddha. Patung Buddha & takhta masing-masing mempunyai tinggi 9 m.

Patung ini mempunyai kemiripan bersama patung Buddha yg ada di ruang wisata Bangkok, ialah terdiri atas wajah perdamaian & kesehatan, wajah pertalian baik, wajah keberuntungan, & wajah perlindungan kepada kriminal.

Baca pun : Inilah 14 Area Wisata di Bangkok Thailand Paling Menarik
3. Jembatan Merah

Jembatan Merah ialah saksi peristiwa pertempuran heroik kepada 10 November 1945 di Surabaya. Peristiwa mencatat, sejarah tewasnya Brigjend Mallaby kepada bentrokan yg berlangsung antara para pejuang Indonesia bersama tentara Belanda di dekat Jembatan Merah kepada tanggal 30 Oktober 1945 yakni argumen penting panglima sekutu di jatim mengeluarkan ultimatum terhadap tanggal 9 Nopember 1945 pada para pejuang Indonesia supaya meletakkan senjata.

Penolakan ultimatum oleh pejuang Indonesia menciptakan pasukan sekutu Inggris menyerang kota Surabaya keesokan harinya.

Ruangan kurang lebih lokasi ini dulu yaitu daerah hunian & perdagangan utk orang Eropa di sektor barat, sedangkan sektor timurnya ialah daerah hunian buat orang Cina, Arab, pula Melayu. Kawasan Jembatan Merah kala ini adalah pusat perdagangan paling padat di Surabaya.
4. Monumen Kapal Selam

Monumen Kapal Selam ini terletak di pusat kota Surabaya. Monumen Kapal Selam merupakan bentuk original dari KRI Pasopati 410, salah satu kapal selam TNI – Angkatan Laut dari unit Kapal Selam Armada Republik Indonesia Kawasan Timur.

KRI Pasopati termasuk juga kategori SS jenis Whisky Class dibuat di Vladi Rusia kepada th 1952, berperan aktif dalam menegakkan kedaulatan negeri & hukum di laut antara lain dalam operasi Trikora. Kapal selam ini sudah jadi salah satu area wisata di Surabaya yg menarik utk dikunjungi wisatawan.
5. House Of Sampoerna

House Of Sampoerna terletak di kawasan “Surabaya lama”. Salah satu lokasi wisata Surabaya ini yakni suatu kompleks bangunan bergaya kolonial Belanda yg dibangun pada1862 & yakni web bersejarah yg dilestarikan.

Di musim awalnya, bangunan ini dipakai yang merupakan panti asuhan putra yg dikelola oleh pemerintah Belanda, kepada th 1932 kompleks ini dibeli oleh Liem Seeng Tee, pendiri Sampoerna, buat dijadikan pabrik rokok Sampoerna yg mula-mula. Sampai kini, kompleks ini masihlah berfungsi sbg pabrik buat memproduksi rokok.
6. Ciputra Waterpark Surabaya

Ciputra Waterpark yakni wahana wisata air paling besar di Indonesia & Asia Tenggara. Lokasinya terletak di Surabaya Barat, dibangun oleh Perusahaan Ciputra Group di lokasi Citraland.

Kamu mampu menjumpai ragam wahana, contohnya Sirens River, Chimera Pool, Marina Lagoon, Sinbad Playground, Roc Tower, & Syracuse Beach. Ruangan wisata Surabaya yg satu ini di buka utk publik tiap-tiap selasa sampai jum’at, mulai sejak pukul 14.00-19.00 WIB. Di waktu weekend & hri libur, mulai sejak buka sejak pukul 08.00-20.00 WIB.

Salah satu ruang wisata di Surabaya ini senantiasa ramai dgn kunjungan wisatawan, & juga sudah jadi pilihan wisata anak yg terkenal di Surabaya.
7. Masjid Akbar Al-Akbar Surabaya

Masjid Al-Akbar yakni masjid yg megah & mutakhir, yakni masjid paling besar ke-2 sesudah Masjid Istiqlal di Jakarta. Masjid ini yakni ikon religi kota Surabaya. Eksterior masjid ini dihiasi bersama beraneka corak ukiran & kaligrafi. Pintu masuk masjid ini terdiri dari 45 pintu penting, semuanya dibuat dari kayu jati berukir.

Bidang interiornya dihiasi oleh ukiran hias & kaligrafi, teramat dominan menghiasi dinding masjid. Inilah karena kenapa objek wisata di Surabaya yg satu ini diminati tidak sedikit penikmat perjalanan.
8. Museum Mpu Tantular

Museum Mpu Tantular yakni kelanjutan dari didirikannya Instansi kebudayaan Stedelijk Historisch Museum Soerabaia oleh satu orang masyarakat Surabaya yg berkebangsaan Jerman, Von Vaber, terhadap thn 1933.

Museum ini mempunyai 15.000 koleksi, sejak mulai dari peninggalan periode prasejarah, peninggalan di musim kerajaan Hindu, Budha, Islam, pun periode kolonial. Ruang Museum Mpu Tantular ini ada di Jl. Raya Buduran – Jembatan Layang, Sidoarjo. Harga ticket masuk museum yaitu Rupiah 4 ribu per orang (dewasa) & anak-anak Rupiah 3 ribu.
9. Museum WR. Soepratman

Di Museum WR. Soepratman ini Kamu bakal menyaksikan tulisan original WR. Soepratman waktu menciptakan lagu Indonesia Raya kepada awalnya juga melihat biola historis yg menemaninya diwaktu menciptakan sekian banyak lagu kebangsaan.

Area museum pula berdekatan dgn makam salah satu pahlawan Indonesia ini. Kamu sanggup menjumpai museum ini di Jln. Mangga Tambaksari, Surabaya.
10. Pusat Sepatu Wedoro

Wedoro ternama dgn industri sepatunya. Tidak Sedikit orang datang ke ruang ini & jadi pelanggan setia atas produk-produk sepatu yg dihasilkan ruangan ini. Kamu dapat mendapatkan lebih dari 210 toko di kawasan pusat sepatu Wedoro.

Terletak di Kecamatan Waru – Sidoarjo, daerah perbatasan Surabaya, desa Wedoro sekarang sudah bertransformasi jadi pusat industri kerajinan sandal & sepatu.
11. Pasar Turi Surabaya

Pasar Turi ialah pasar grosir di Surabaya. Kamu bakal menemukan tidak sedikit barang di pasar ini. Inilah ruangan wisata belanja di Surabaya paling memikat, harga yg murah & ketersediaan barang yg kumplit yakni daya tarik utamanya. Pasar Turi ini terbagi atas dua segmen, ialah pasar Turi lama & pasar Turi baru. Masing-masing bangunan terdiri dari 3 lantai.

Lantai bawah pasar Turi yaitu lantai yg husus jual makanan & minuman khas Surabaya seperti rujak, cendol, & sekian banyak kue-kue tradisional Jawa Timur. Sementara lantai 2 & 3 jual beraneka barang garmen, elektronik, peralatan rumah tangga, sepatu, & ada banyak lagi.

Baca pun : Inilah 10 Area Wisata Solo Paling Impresif
12. Klenteng Hong Tiek Hian

Klenteng Hong Tiek Hian yaitu klenteng tertua di Surabaya yg dibangun oleh pasukan Tartar terhadap era Khu Bilai Khan di musim awal Kerajaan Majapahit. Kamu mampu menjumpai klenteng ini di Jl. Dukuh, di kawasan Surabaya Utara, tepatnya di daerah Pecinan.