KALIURANG YANG INDAH DAN BERSEJARAH DI YOGYAKARTA

Kebanyakan orang sewaktu disekolah dasar atau pun saat di TK ialah menggamabar pemandangan sebuah gunung dengan jalan ditengah pada bagian kaki gunung serta hamparan hijau yang luas membentang di kedua sisinya dan juga dihias dengan rumah penduduk. Mungkin asal muasal nenek moyang orang Indonesia dari sana ya? Karena secara tidak dalam kesengajaan gambar itu nyata berada di tempat wisata Jogja. Sebuah gunung dengan diselimuti berbagai macam tempat kebudayaan yaitu Kaliurang.
KALIURANG YANG INDAH DAN BERSEJARAH DI YOGYAKARTA
Kaliurang

Jarak menuju kaliurang sekitar 28 km dari kota Yogyakarta ini, Kaliurang menjadi sebuah wisata alam dan budaya yang begitu memikat para wisatawan, serta tempat yang sangat menyenangkan untuk berekreasi bersama keluarga.

Dengan perjalanan panjang sekitar sejauh 1100 meter menyusuri sisi barat Bukit Plawangan, melintasi alam yang penuh pepohonan besar nan rindang, berderet 22 gua peninggalan zaman Jepang menjadi keunikan tersendiri di wisata alam Kaliurang ini.

Terdapat beberapa bangunan peninggalan sejarah. Seperti Wisma Kaliurang, Museum Ullen Sentalu yang sebagian bangunannya berada di bawah tanah, dan Pesangrahan Dalem Ngeksigondo milik kerajaan Kraton yang dulunya sebagai tempat berlangsungnya Komisi Tiga Negara. Pada Museum Ullen,banyak menguak misteri tentang kebudayaan dan juga nilai-nilai sejarah di Jawa Tengah, dan yang paling utama semua yang berhubungan tentang putri Kraton.

Sebagai kawasan Rekreasi Keluarga, di sana terdapat sebuah taman seluas 10.000 m2 sebagai tempat bermain anak. Dihiasi dengan sebuah patung jin layaknya kisah 1001 malam dan terdapat beberapa jenis hewan.Sekitar 300 meter arah timur laut terdapat juga Taman Wisata yaitu Plawangan Turgo. Dikawasan ini ada sebuah kolam renang yang disebut Tlogo Putri, airnya berasal dari mata air dilereng Bukit Plawangan.

Menuju arah timur dengan jalan menanjak sekitar sejauh 900m yang melelahkan namun pemandangan Gunung Merapi akan indah ketika cuacanya cerah dari Bukit Pronojiwo. Pada saat kembali ke lokasi taman bermain,ada pula Tlogo Muncar sambil melihat air terjunnya yang begitu menyejukan pandangan.

Bila ingin bermalam dan merasakan angin dan heningnya malam Kaliurang, terdapat berbagai pondok wisata, bungalow, bahkan villa. Penginapan yang biasa disewakan diantaranyaWisma Sejahtera, Puri Indah Inn (bintang 3), Bukit Surya, dll.

Terdapat aneka jajanan untuk oleh-oleh yakni makanan khas seperti tahu bacem, tempe, dan makanan yang terbuat dari beras ketan ditambah parutan kelapa atau biasa disebut jadah.
Semoga dengan keindahan tempat wisata Jogja kita bisa mensyukuri nikmat Tuhan yang begitu besar dan bisa menjadikan pelajaran untuk setiap perjalan menjelajahi alam.

Posting Komentar

2 Komentar

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai wisata bersejarah.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetaui lebih jauh mengenai tempat wisata di indonesia.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

    BalasHapus
  2. Dari dulu ane pengen banget ke sini, tapi belum kesampean hikzzzz. Eniwei, thanks untuk info traveling nya.

    BalasHapus