Mengenal Pentingnya Memiliki Polis Asuransi Kebakaran

Angka kebakaran di kota besar semakin meningkat. Penyebab kebakaran ini pun beragam mulai dari akibat hubungan arus pendek atau korsleting listrik hingga meledaknya tabung gas. Hal ini menunjukkan risiko kebakaran di tempat tinggal semakin tinggi. Lalu apa langkah anda untuk menghindari kecelakaan ini? salah satu yang dapat anda lakukan sejak dini adalah membeli polis asuransi kebakaran untuk memberikan jaminan perlindungan untuk tempat tinggal anda. karena saat ini perusahaan asuransi semakin bermunculan, maka tugas anda adalah memilih perusahaan asuransi kebakaran terbaik untuk jaminan perlindungan anda. sebelum anda memilih perusahaan asuransi, berikut ini beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang asuransi kebakaran.

Asuransi kebakaran merupakan jenis asuransi yang dapat menjamin saat terjadi kerugian pada pihak pemegang polis asuransi. Berbeda dengan jenis asuransi lainnya, asuransi kebakaran akan memberikan perlindungan saat anda mengalami kerugian yang diakibatkan dari kebakaran. Asuransi kebakaran di Indonesia mengacu pada polis standar kebakaran Indonesia. Hal ini sangat menguntungkan anda, karena dengan aturan ini maka sebagian besar perusahaan asuransi kebakaran akan menerapkan besaran premi yang relatif sama. Berbagai risiko kerugian yang dijamin dalam asuransi kebakaran diantaranya kebakaran, petir, ledakan karena tekanan uap, gas, kimia, tertimpa pesawat terbang atau benda yang terjatuh dari pesawat terbang, dan gangguan asap yang berasal dari kebakaran harta atau benda yang dipertanggungkan polis asuransi.

Adanya perluasan jaminan dengan tambahan premi yang tersedia pada perusahaan asuransi untuk melengkapi polis standar kebakaran Indonesia. Selain jenis jaminan di atas, anda bisa mengajuka perluasan jaminan seperti perlindungan atas kerusuhan, pemogokan, kerugian akibat perbuatan jahat dan benturan kendaraan sesuai dengan versi dewan asuransi Indonesia. Adanya huru hara, gempa bumi, kebakaran atau ledakan akibat gempa bumi, letusan gunung berapi, bencana tsunami, angin topan, badai, banjir, dan kerusakan yang diakibatkan karena air, dan biaya pertanggungan pembersihan tanah longsor. Dalam asuransi kebakaran juga terdapat property all risk yang menjamin kerugian fisik pada harta benda yang diakibatkan oleh kecelakaan secara mendadak tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

Namun ada juga pengecualian untuk all risk ini diantaranya perang, invasi, perang melawan musuh, kerusuhan, pomogokan, pergolakan sipil, revolusi, teroris, sabotase, radiasi dan kontaminasi nuklir, ledakan nuklir radioaktif beracun, kerugian yang diakibatkan kelalaian dan kesengajaan, dan penghentian pekerjaan. Untuk mendapatkan perlindungan terbaik, anda bisa membeli polis dari perusahaan asuransi kebakaran terbaik seperti Sinar Mas.