Resep Masakan Indonesia Praktis, Membuat Semur Telur Untuk Keluarga

Resep masakan Indonesia praktis - bagi kita sebagai seorang warna negara indonesia sebenarnya bukan hal yang tidak mungkin menyajikkan sebuah masakan yang prakyis bagi keluarga, sekarang banyak sekali beredar di pasar maupun di toko dan mall mall yang menyajikkan bumbu praktis bagi setiap masakan. Namun meskipun demikian yang namanya orang Indonesia pasti selau menggunakan banyak rempah-rempah dalam setiap masakkannya. Oleh karena itu masakan Indonesia terkenal dengan cita rasa masakannya yang khas dan berbeda dengan masakan luar negeri lainnya yang rendah rempah. Resep masakan Indonesia praktis memang sudah disajikkan dalam kemasan bumbu praktis seperti misalnya bumbu pecel, bumbu rendang, bumbu gulai dan sebagainya.

Namun bila memang mempunyai banyak waktu apa salahnya menyajikkan sebuah masakan yang dibuat sendiri bumbunya dalam rumah. Misalnya saja membuat semur telur, tidak terllau ribet dan tidak pula memerlukan waktu yang lama dalam membuatnya. Berikut cara membuat semur telur yang enak untuk keluarga :

Bahan : 6 buah butir telur ayam ( semua telur direbus hingga matang kemudian kupas kulitnya) 3 sdm kecap manis 300 ml santan dari 1/2 butir kelapa 1 sdt garam 1 sdt penyedap Secukupnya minyak goreng Haluskan bumbu berikut bisa menggunakan blender ataupun dihaluskan manual : 3 buah cabai merah 4 butir kemiri 4 siung bawang putih 3 siung bawang merah 1/2 sdt merica, 1/2 sdt pala, 1/2 sdt ketumabr 2 cm lengkuas, 1 cm kunyit.

Cara membuat :

-ambil wajan penggorengan kemudian tuangkan minyak secujupnya lalu panaskan, setelah itu goreng semua telur yang sebelumnya telah ditusuk-tusuk pakai garpuh, setelah setengah matang maka telur angkat lalu tiriskan.
-dari wajan penggorengan yang sama, keluarkan minyak yang tidak terpakai sisakan sedikit untuk menumis bumbu. Kemudian masukkan semua bumbu halus yang sebelumnya telah dihaluskan memakai blender maupun memakai penghalus manual.
- setelah bumbu halus ditumis hingga harum kemudian tuangkan santan dan sedikit air, aduk hingga merata.
- kemudian masukkan telur yang sebelumnya telah digoreng, bersamaan dengn itu masukkan pula garam dan penyedap rasa, aduk sampai matang kemudian tambahkan kecap manis, aduk sebentar dan sajikkan di piring saji untuk kemudian disantap bersama keluarga tercinta.