Cara Menentukan Berat Badan Ideal Anjing yang Perlu Anda Ketahui



Bukan hanya manusia saja yang harus memiliki berat badan ideal, anjing juga demikian. Berat badan ideal anjing memberikan banyak manfaat seperti menurunkan risiko penyakit, meningkatkan kualitas hidup, dan membuat anjing lebih aktif. Lalu berapa berat badan anjing yang dikatakan ideal? Berikut cara menentukannya:

Anjing Sangat Kurus

Anjing yang sangat kurus menyebabkan daya tahan tubuhnya buruk sehingga mudah mengalami masalah kesehatan. Ciri anjing sangat kurus yaitu pangkal ekor atau anus sangat menyusut ke arah dalam. Anda bisa melihat tulangnya dengan jelas dan saat diraba tidak ada daging atau lemak. Berat badan anjing yang sangat kurus 20% di bawah berat ideal.

Anjing Kurus

Anjing dikatakan kurus jika tulangnya masih terlihat jelas. Namun Anda masih bisa merasakan lemak atau daging saat meraba tubuh anjing. Jika dilihat dari atas, Anda tidak bisa melihat lekukan-lekukan atau legok lapar namun tubuh agak berisi. Berat badan anjing kurus 10% di bawah berat ideal.



Anjing dengan Berat Badan Ideal

Berat badan terbaik untuk anjing tentu saja berat badan ideal. Ciri anjing memiliki berat badan ideal yaitu tonjolan tulang tidak tampak namun jika diraba masih ada tonjolannya tersebut. Jika dilihat dari atas, anjing lebih lurus, berisi, tidak ada lemak berlebih, dan tanpa legokan. Berat badan ideal tergantung dari usia, ras, dan juga jenis kelamin.

Anjing Gemuk

Anjing yang gemuk tidak menampakkan tonjolan tulang. Anda juga sulit merasakan tonjolan tulang saat meraba karena tertutupi oleh daging atau lemak tebal. Jika dilihat dari atas, tampak lipatan lemak di area leher. Anjing dikatakan gemuk di berat badannya 10% di atas berat ideal.

Anjing Obesitas

Obesitas merupakan kondisi yang harus diatasi karena bisa menyebabkan masalah kesehatan. Anjing dikatakan obesitas ketika tonjolan tulang benar-benar sulit dirasakan saat diraba. Berat badan anjing obesitas berada 20% di atas berat ideal. Anda bisa melihat perut yang besar dan bergelambir.

Itulah informasi mengenai cara menentukan berat badan ideal anjing. Rekomendasi makanan anjing yang bisa membantu program diet anabul Anda adalah Royal Canin. Variannya beragam dan mudah disesuaikan dengan kebutuhan anabul. Pilih varian Royal Canin yang Anda butuhkan di marketplace kesayangan.

Posting Komentar

0 Komentar