Macam-Macam Obat Herbal Serta Khasiatnya

Meskipun saat ini teknologi semakin maju dan perkembangan jenis obat-obatan semakin lebih praktis, pada kenyataannya obat dari bahan alam atau yang sering di sebut dengan obat herbal semakin banyak untuk digunakan mengobati berbagai penyakit dan menjadikan salah satu penyembuhan alternatif yang paling manjur. Banyak yang menggunakan obat bahan alam ini untuk alasan bahwa obat herbal lebih aman dikonsumsi, dibandingan dengan obat bahan kimia, dan negara yang terkenal akan penyembuhan dengan obat dari bahan alam ini adalah negara Cina.

Seperti kita sekarang ketahui bahwa obat herbal telah membantu banyak penyembuhan penyakit bagi kebanyakan orang. Meskipun beberapa obat tersebut tidak memiliki klaim terapi, saat ini obat herbal menjadi salah satu pilihan utama bagi orang-orang yang paling aman dan efektif untuk di konsumsi. Namun, kita harus terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan untuk mengambil salah satu obat herbal yang akan digunakan.

Dan berikut ini adalah jenis-jenis obat herbal serta khasitanya :
  1. Sambiloto
    Sambiloto adalah sejenis tanaman herbal dari famili Achanthaceae, yang berasal dari tanah India dan Sri lanka. Di daerah Indonesia sendiri jenis tanaman herba seperti ini dapat dijumpai. Jenis tanaman herba ini adalah daun yang memiliki kandungan senyawa Andrographolide, merupakan senyawa lakton yang di peroduksi bisiklik. Senyawa yang terkandung dalam tanam ini memiliki rasa pahit, khasiat dari tanaman ini yaitu untuk menekan pertumbuhan sel kanker. Karena dalam kandungan nya memiliki senyawa aktif yaitu Andrographolide, menurunkan ekspresi enzim CDK4 (cyclin dependent kinase 4).
  2. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu tanaman obat yang semak dan bersifat tahunan. Tanaman ini tersebar di seluruh daerah yang memiliki iklim tropis, tanaman kunyit ini tumbuh subur dan liar disekitar hutan atau bekas kebun. Di Daerah Jawa sendiri kunyit digunakan sebagai salah satu ramuan jamu karena berkhasiat untuk menyejukkan, mengeringkan, membersihkan, menyembuhkan kesemutan dan juga menghilangkan gatal. Manfaat utama dari tanaman kunyit ini yakni sebagai bahan obat tradisional, bahan baku industri jamu dan kosmetik, bahan bumbu untuk masak, peternakan dan lain sebagainya. Di sisi lain juga ini berkhasiat sebagai anti inflamasi, antimikroba, antioksidan, anti tumor, pencegah kanker, dan menurunkan kadar lemak darah juga kolesterol serta sebagai pembersih darah.
  3. Tempuyung
    Tanaman ini biasanya tumbuh di sekitar tempat-tempat yang ternaungi daun nya yang berwarna hijau dengan sedikit warna ungu, sisinya berombak, dan bergigi tak beraturan. Tanaman ini khasiatnya sangat berguna. Bagi seseorang yang sedang memiliki penyakit batu ginjal, alangkah baiknya mengkonsumsi tanaman ini. Karena daun berombak memeluk batang ini khasiatnya adalah untuk menghancurkan batu ginjal dalam tubuh. Dalam daun tersebut terkandung kalium yang berkadar tinggi. Kehadiran dari kalium inilah yang membuat batu ginjal berupa kalsium karbonat akan tercerai berai. Karena kalium akan menghindarkan kalsium untuk bergabung dengan senyawa, oksalat, karbonat, atau urat yang merupakan pembentuk batu ginjal.
Dari khasiat tanaman obat tersebut sebenarnya masih banyak tanam obat herbal yang tersebar di Indonesa. Bahkan dapat mencapai ribuan tanaman herbal yang teridentifikasi senyawa nya yang dapat di jadikan obat untuk tubuh. Ini hanya sebagian kecil dari ribuan tanaman obat dan khasitanya, karena tanaman obat atau obat herbal adalah obat yang masih dapat dipercaya sebagai salah satu penyembuhan yang aman untuk di gunakan.

Posting Komentar

0 Komentar