Mengetahui Pentingnya Akuntansi Bagi Perusahaan



Seorang akuntan memiliki peranan yang sangat penting bagi perusahaan terutama dalam mengatur keuangan. Tanpa jasa akuntan sulit bagi perusahaan untuk memahami informasi laba, kerugian, arus kas dan sebagainya. 

4 Peran Penting Akuntansi bagi Perusahaan

Apa yang membuat profesi akuntan banyak disukai orang sehingga mereka rela belajar mati-matian agar lulus dari bangku kuliah. Jawabannya sangat beragam tergantung dari kacamata mana Anda melihatnya. Selengkapnya mengenai peran penting akuntansi simak berikut ini:

  1. Membantu Perusahaan Merencanakan Bisnis

Perusahaan yang baik adalah perusahaan yang mampu merencanakan bisnis lebih baik dari periode tahun sebelumnya. Demi mewujudkan hal tersebut perusahaan wajib memiliki akuntan yang baik. Jenis data yang dikelola sangatlah beragam mulai dari pembuatan anggaran, negosiasi sampai evaluasi dari berbagai kegiatan yang terlaksana di perusahaan. 

Suatu kesalahan besar jika kita menganggap perencanaan bisnis merupakan tanggung jawab utama dari pihak marketing. Karena kegiatan akuntansi juga memiliki andil yang tidak sedikit di dalamnya. Bahkan kegiatan marketing bisa saja tidak berjalan tanpa persetujuan akuntan.

  1. Mengendalikan Keuangan Perusahaan

Suatu pengusaha mungkin memiliki bakat yang sangat baik dalam membentuk perusahaan tapi apakah mereka juga mahir dalam bidang keuangan. Jawabannya tergantung beberapa aspek salah satunya program studi yang pernah diambilnya di bangku kuliah. 

Ada pun pihak yang paling hebat dalam mengelola dan mengendalikan keuangan perusahaan adalah akuntan. Mereka bertugas untuk mempelajari, menelaah kemudian mencari solusi dalam berbagai kegiatan keuangan. Berkat bantuan akuntansi juga, perusahaan dapat mengetahui kondisi finansial mereka apakah masih stabil atau justru mengalami penurunan.

  1. Mengawasi Pertumbuhan Bisnis

Dalam kurun waktu satu tahun, divisi keuangan akan menyerahkan laporan keuangan yang menjadi pedoman bagi pengusaha untuk mengetahui kondisi terkini perusahaannya. Bila pada tahun sebelumnya, laporan keuangan menunjukkan hasil yang memuaskan sehingga perusahaan masih dalam batas aman belum tentu hal yang sama berlaku di tahun depan.

Kegiatan akuntansi yang dilakukan para staf keuangan secara tidak langsung membantu perusahaan mengawasi pertumbuhan bisnis mereka. Ketika perusahaan mengalami kemunduran maka laporan akuntansi yang tersaji bisa jadi kurang memuaskan para petinggi. 

  1. Mempermudah Pemegang Saham Membuat Keputusan

Saat ini Anda memutuskan bertahan sebagai pemegang saham suatu perusahaan karena kondisi pertumbuhannya yang signifikan tapi belum tentu pada tahun mendatang. Laporan keuangan dari kegiatan akuntansi dimanfaatkan sejumlah pemegang saham untuk mengambil keputusan.

Keputusan yang mengacu pada kegiatan investasi yang mereka selenggarakan, apakah berjalan terus atau justru harus dihentikan. Tanpa akuntansi sulit bagi pemegang saham untuk mengambil keputusan dengan cerdas dan tepat karena kemungkinan besar mereka akan memilih intuisi atau firasatnya.

Sudah cukup kenalannya dengan akuntansi? Mempelajari kegiatan akuntansi merupakan hal yang menyenangkan terlebih jika Anda menyukai mengotak-atik angka. Sebaliknya, pilihlah jasa akuntan bila Anda kurang kompeten dalam bidang keuangan. Cara ini akan membantu Anda memperoleh laporan kegiatan akuntansi yang memuaskan.

Posting Komentar

0 Komentar